sebegini-uang-hasil-fee-bansos-yang-diterima-cita-citata-dan-hotma-sitompoel-1

Sebegini Uang Hasil Fee Bansos yang Diterima Cita Citata dan Hotma Sitompoel

jpnn. com , JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut sebesar pihak turut kecipratan uang hasil suap Bansos Covid-19 sembako untuk Jabodetabek di 2020.

Pedangdut Cita Citata maka pengacara Hotma Sitompoel  adalah sejumlah pihak yang menyambut duit fee itu.

Duit tersebut berasal dari fee perusahaan vendor bantuan sosial kepada mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Hal tersebut diungkap jaksa dalam sidang pembacaan surat dakwaan eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu (21/4).

Awalnya, jaksa membeberkan, Pejabat Pembuat Janji (PPK) Kemensos Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso menggunakan uang fee sebab vendor untuk sejumlah relevansi. Penggunaan uang itu atas sepengetahuan Juliari.

“Selanjutnya dengan sepengetahuan Terdakwa, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono serupa menggunakan uang fee untuk kegiatan operasional Terdakwa demi Menteri Sosial dan kegiatan operasional lainnya di Departemen Sosial RI, ” ungkap Jaksa Mohamad Nur Azis saat membacakan surat perkara, Rabu (21/4).

Jaksa menjelaskan, uang fee Bansos Covid-19 sudah digunakan untuk membayar pedangdut Cita Citata. Uang tersebut diberikan melalui EO.

“Pembayaran kepada EO untuk honor seniwati Cita Citata dalam rancangan makan malam dan silaturahmi Kementerian Sosial RI dalam Ayana Komodo Resort Labuan Bajo para 27 November 2020 sebesar Rp150 juta, ” papar jaksa.

Selain itu, uang hasil suap serupa diberikan kepada advokat Hotma Sitompoel.

Pada sekitar Juli 2020, Matheus Joko Santoso & Adi Wahyono menyerahkan kekayaan fee Bansos Rp3 miliar kepada suami Desiree Tarigan tersebut.

Uang itu untuk beban pengacara yang menangani kejadian kekerasan anak. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Tertinggal Video Pilihan Redaksi tersebut:

Baca Pula: