soal-kelanjutan-nasib-vaksin-nusantara-begini-kata-azis-syamsuddin-1

Perkara Kelanjutan Nasib Vaksin Nusantara, Begini Kata Azis Syamsuddin

jpnn. com , JAKARTA kepala Wakil Ketua DPR MENODAI Azis Syamsuddin menyayangkan pengembangan vaksin Nusantara untuk kepentingan massal dihentikan.

Kendati demikian, DPR mengapresiasi langkah Kemenkes dan BPOM yang tetap melanjutkan pengembangan vaksin Nusantara  untuk penelitian.

Menurut Azis, vaksin Nusantara harus terus dilanjutkan serta diiringi dengan publikasi keilmuan, baik nasional maupun internasional, sehingga semua pihak terkait bisa dan terbuka melaksanakan kajian.

Baca Juga:

“Lanjutkan saja sehingga bisa menyingkirkan penilaian negatif. Tentu dibarengi dengan jurnal ilmiah supaya publik juga mengetahui, ” Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Selasa (20/4).

Dia juga menghargai, jika hanya mengedepankan aksioma dan saran maka tak akan memberikan hasil yang baik.

“Sekarang banyak kalangan tak dalam kapasitas mengkaji pantas keilmuan kesehatan tapi ikut berkomentar, ” tegas dia.

Tempat menjelaskan, pendapat BPOM terkait adanya kesalahan prosedur ataupun yang menyimpang secara prosedur atas kaidah-kaidah penelitian vaksin Nusantara menjadi hal wajar dalam sebuang pengembangan.

Baca Selalu:

“Sejak awal aku menyarankan untuk duduk bersama, lakukan dialog dan hubungan antarpihak terkait sehingga sanggup dicapai pemahaman bersama, berperan mengetahui sekaligus memperbaiki apa-apa saja yang dirasa menetapkan dilengkapi dan disempurnakan, ” jelas Azis.

Azis menambahkan, untuk mempercepat penanganan Covid-19 pada Indonesia, pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 18 Tarikh 2020 tanggal 3 September 2020 telah membentuk Awak Pengembangan Vaksin Covid-19.