Mentan Syahrul: Sektor Pertanian Mampu Menetapkan Ekonomi Nasional

Mentan Syahrul: Sektor Pertanian Mampu Menetapkan Ekonomi Nasional

jpnn. com , JAKARTA – Departemen Pertanian (Kementan) berkomitmen mendorong pecepatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penambahan produksi, serta menumbuhkan lalu lintas ekspor lewat program jangka panjang Gerakan Tiga Kali Ekspor (Geratieks).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan zona pertanian terbukti mampu bertahan sebab krisis ekonomi yang melambat akibat pandemi Covid 19.

Menurutnya, sektor pertanian mampu mengangkat ekonomi nasional karena Nusantara memiliki sumber daya alam dengan menjanjikan serta sumber daya pribadi yang banyak.

Baca Juga:

Terlebih lagi masih banyak bahan pangan yang belum diolah secara maksimal.

“Sektor pertanian bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar dan keinginan primer yang tidak pernah tamat. Ini menjadi faktor penting tumbuhnya pertanian di tengah krisis apa pun, ” ujar Mentan Syahrul dalam Webinar bersama Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Senin (30/11).

Syahrul mengatakan pertumbuhan sektor pertanian dibuktikan dari kontribusinya dalam produk domestik bruto (PDB) selama dua kuartal terakhir.

Baca Juga:

Berpedoman data Badan Pusat statistik (BPS), pertumbuhan di sektor pertanian dalam Kuartal II-2020 mencapai 16, 24 persen.

Meskipu terjadi sedikit teradi pergeseran, Kuartal III-2020 masih mencatatkan kenaikan dua, 15 persen.