Joe Biden Vs Donald Trump, Sapa Lebih Menguntungkan Bagi Indonesia?

Joe Biden Vs Donald Trump, Sapa Lebih Menguntungkan Bagi Indonesia?

jpnn. com , JAKARTA – Besok, Selasa (3/11), kadar Joe Biden dan Donald Trump bakal ditentukan dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020. Lalu, apa dampak dari hasil pemilihan ini bagi Indonesia?

Lembaga think tank kebijakan luar negeri Amerika Serikat dan masalah internasional, Council on Foreign Relations, beberapa periode lalu membuat poin-poin pandangan perut calon presiden terhadap masalah-masalah global.

Masalah-masalah ijmal itu meliputi soal Tiongkok, kondisi dan energi, virus corona, kontraterorisme, keamanan siber dan kebijakan digital, pertahanan, diplomasi dan bantuan asing negeri, kebijakan ekonomi, imigrasi, Timur Tengah, Korea Utara, Rusia, perdagangan, dan Vennezuela-Amerika Latin.

Baca Juga:

Penulis memeriksa mengaitkan sejumlah masalah global itu dalam hubungannya dengan Indonesia.

Soal Tiongkok, keamanan siber dan kebijakan digital, ekonomi, perdagangan dan kebijakan luar jati, bisa menjadi dimensi yang menjadikan untuk dilihat dari kacamata perhatian nasional Indonesia.

Datang dari dua kubu gaya politik yang berbeda pandangan pada mendekati operasional pemerintahan, khususnya ekonomi, inkumben Presiden Donald Trump daripada Partai Republik dan calon kepala Joe Biden dari Partai Demokrat berseberangan dalam memandang dunia. Yang satu isolasionis, satunya lagi internasionalis.

Baca Serupa:

Karena AS masih berstatus adidaya dunia dan kekuatan ekonomi nomor satu dunia, maka pemilu AS kali ini tetap bisa bersinggungan dengan hajat banyak negara, terutama berkaitan secara kemungkinan berubahnya wajah hubungan global dan kebijakan luar negeri mereka yang sedikit banyak mempengaruhi dunia dan Indonesia.

Dan khususnya seandainya Biden yang terpilih, karena dia memiliki calon wakil presiden berketurunan Asia, Kamala Harris, maka AS kemungkinan kembali memandang secara khusus Asia sesuai dulu terjadi pada era Barack Obama.