Betul Tega, Bangladesh Buang Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

Betul Tega, Bangladesh Buang Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

jpnn. com , DHAKA kepala Kelompok-kelompok pembela hak asasi bani adam pada Kamis mendesak Pemerintah Bangladesh untuk membatalkan rencana memindahkan beribu-ribu pengungsi etnis Rohingya ke Bhasan Char, sebuah pulau terpencil yang berada di sekitar Teluk Bengal.

Pejabat setempat mengatakan 400 pengungsi kemungkinan akan ikut pemberangkatan tahap pertama hari ini (3/12). Mereka akan diberangkatkan dari Chittagong ke Bhasan Char dengan pesawat laut.

Penjaga mengawal proses pemberangkatan para pengungsi dari kamp di Ukhiya, Cox’s Bazaar, ke Pelabuhan Chittagong. Setidaknya 10 bis dikerahkan untuk mengangkut ratusan pengungsi tersebut.

Baca Juga:

Bhasan Char didominasi oleh dataran rendah jadi rentan terkena banjir. Pulau tersebut juga baru muncul di tempat permukaan laut sekitar 20 tahun yang lalu.

Pemerintah Bangladesh mengatakan pemindahan tersebut akan membantu menyelesaikan masalah kepadatan di kamp-kamp pengungsi yang saat ini merupakan rumah bagi mulia juta warga etnis Rohingya.

Para pengungsi itu merupakan kelompok minoritas Muslim dalam Myanmar yang lari meninggalkan sendi mereka di Rakhine akibat percekcokan bersenjata.

Mengucapkan Juga:

“Otoritas (di Bangladesh) harus menghentikan secepatnya relokasi lebih penuh pengungsi ke Bhashan Char, ” kata aktivis dari Amnesty International untuk wilayah Asia Selatan, Saad Hammadi, melalui pernyataan tertulis.

Sementara itu, Refugees International, organisasi pembela HAM asal Amerika Serikat, mengatakan rencana tersebut “tidak manusiawi dan tidak dipikir matang-matang”.