Bekas Bupati Indramayu Supendi Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Omarsyah Ikut Mengiringi

Bekas Bupati Indramayu Supendi Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Omarsyah Ikut Mengiringi

jpnn. com , JAKARTA – Mantan Bupati Indramayu Supendi dieksekusi ke Lapas Klas IA Sukamiskin Bandung berdasarkan vonis yang telah berkekuatan hukum tetap.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan di Selasa (28/7) Hendra Apriansyah dan Alandika Putra selaku Jaksa Eksekusi KPK telah melaksanakan putusan Meja hijau Tindak Pidana Korupsi pada Meja hijau Negeri Bandung Nomor: 14/Pid. Sus-TPK/2020/PN. Bdg tanggal 7 Juli 2020 yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Dalam tentang terpidana Supendi dengan cara menanamkan ke Lapas Klas IA Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara semasa 4 tahun dan 6 kamar dikurangi selama berada dalam tahanan, ” kata Ali di Jakarta, Rabu (29/7).

Baca Juga:

Supendi selaku Bupati Indramayu dinyatakan terbukti bersalah melangsungkan tindak pidana korupsi karena menerima suap terkait proyek infrastruktur dalam lingkungan Pemkab Indramayu dengan dijatuhi pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan serta kejahatan denda sebesar Rp250 juta subsider 4 bulan kurungan.

“Selain itu, Supendi pula diwajibkan membayar uang pengganti sejumlah Rp1. 088. 250. 000 dengan selanjutnya akan disetorkan ke kas negara cq Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Indramayu, ” ucap Ali.

Ali mengucapkan jika terpidana Supendi tidak memenuhi uang pengganti tersebut paling lama 1 bulan sesudah putusan mahkamah memperoleh kekuatan hukum tetap oleh sebab itu harta bendanya dapat disita sebab jaksa dan dilelang untuk menyembunyikan uang pengganti tersebut.

Baca Juga:

“Dalam situasi terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar kekayaan pengganti maka dipidana dengan pidana penjara selama 1 tahun, ” tuturnya.

Supendi juga dijatuhi pidana tambahan berupa pencabutan hak dipilih dalam pemilihan jabatan publik atau pejabat negara selama 2 tahun lebih lama dari pidana pokoknya.