Bea Cukai Gandeng Pemda dalam Operasi Pasar Rokok Ilegal

Bea Cukai Gandeng Pemda dalam Operasi Pasar Rokok Ilegal

jpnn. com , JAKARTA – Kantor Bea Cukai Pematangsiantar & Bea Cukai Banyuwangi melakukan operasi pasar rokok ilegal sekaligus mengedukasi masyarakat dan pelaku usaha mengenai ketentuan cukai.

Operasi rekan yang dilakukan Bea Cukai Pematangsiantar pada Rabu (18/11), bekerja persis dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) Provinsi Sumatera Utara, Jawatan Perindustrian dan Perdagangan serta Satpol PP Kabupaten Karo.

Kepala Kantor Bea Tol Pematangsiantar Muhammad Gunawan Sani Saputro menjelaskan bahwa operasi ini dijalankan dalam rangka menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Sumatera Memajukan.

Baca Selalu:

Selain itu, tim juga menyelenggarakan tindakan persuasif dalam memberikan interpretasi lewat sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya pelaku usaha. Tertib distributor, grosir, penjual eceran, gardu, dan pedagang kios.

“Dalam operasi ini juga ditemukan grosir yang masih menjual rokok yang tidak dilekati ban cukai. Petugas kemudian menyita cerutu ilegal itu dan diangkut ke Kantor Bea Cukai Pematangsiantar untuk diproses lebih lanjut, ” membuka Gunawan.

Gunawan menyampaikan, kerja sama antara Beban Cukai dengan Pemkab Karo ini menunjukkan adanya sinergitas yang berpengaruh dalam upaya pemberantasan peredaran cerutu ilegal di wilayah Sumut.

Baca Juga:

“Sesuai dengan tagline yang selama ini digaungkan, gempur rokok ilegal menjadi komitmen bersama antara enam kabupaten dan satu kotamadya yang beruang di bawah pengawasan kami buat mengoptimalkan penerimaan negara dari daerah cukai serta menciptakan iklim pertarungan usaha yang sehat dan membantu, ” ujarnya.

Kegiatan operasi pasar dan edukasi rokok ilegal juga telah dilaksanakan Bea Cukai Banyuwangi bersama Pemda dan Satpol PP setempat dalam Rabu (11/11) hingga Jumat (13/11).