Banyak yang Kena PHK, Klaim JHT Meningkat 30 Persen

Banyak yang Kena PHK, Klaim JHT Meningkat 30 Persen

jpnn. com , MAKASSAR awut-awutan Klaim Jaminan Hari Tua ataupun JHT di wilayah Sulawesi & Maluku (Sulama) mengalami peningkatan had 30 persen selama pandemi COVID-19, sejak Maret hingga November 2020.

“Peningkatan klaim hampir 30 persen, dan kemungkinan akan langsung bertambah apalagi beberapa daerah masih belum pulih, ” kata Utusan Direktur BP JAMSOSTEK Wilayah Sulama Toto Suharto, di Makassar, Jumat (25/12).

Berdasarkan data BP JAMSOSTEK Sulama terekam total klaim yang sudah dibayarkan selama tahun 2020 hingga 30 November sebanyak Rp 1, 26 miliar dari 122. 051 kasus. Sebagian besar adalah JHT yang totalnya mencapai 116. 480 urusan.

Baca Selalu:

Peningkatan klaim JHT tersebut jarang lain sebagai dampak pandemi COVID-19 di mana banyak pekerja yang dirumahkan, mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan lainnya.

“Ada juga pekerja yang dirumahkan dulu lalu di PHK dan dibayar sebagian. Sampai akhirusanah ini kemungkinan terus bertambah, ” Toto.

Pihaknya juga menyampaikan, sebelum kemunculan COVID-19, pada bulan Januari hingga Februari 2020 juga terjadi peningkatan klaim BP JAMSOSTEK pada wilayah Sulama sebanyak 10 persen.

Baca Juga:

“Kemarin sampai Februari 2020, masih ada kenaikan sekitar sepuluh persen, karena leler pekerja bertambah menjadi 56 tahun mereka akan mencairkan JHT, ” jelasnya. (antara/jpnn)