Ada Gempa 6, 3 SR di Maluku Barat Daya, Warga Tidak Rasakan Guncangan

Ada Gempa 6, 3 SR di Maluku Barat Daya, Warga Tidak Rasakan Guncangan

jpnn. com , JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 6, 3 SR mengguncang Maluku Barat Daya (MBD), Maluku, Minggu (1/11) pukul 10. 43 tadi. Titik gempa berlokasi di 54 km seberah barat laut Tepa pada  kedalaman 196 km.

Menurut Juru Cakap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati, gempa itu tak menimbulkan kepanikan warga.

“Badan Penanggulangan Bencana Wilayah (BPBD) Kabupaten MBD menginformasikan warganya tidak merasakan gempa itu, ” kata Raditya dalam siaran persnya.

Menangkap Juga:

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB itu menambahkan, pemodelan menunjukkan gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. Peta guncangan yang diukur dengan skala modified mercalli intensity (MMI) memperlihatkan gempa berdampak II dalam Dobo dan  III di Saumlaki.

“Tim Wave dari Universitas Brigham Young (BYU) melakukan kajian paleotsunami di zona ini pada dua tahun morat-marit. Berdasarkan catatan dari tim ini, beberapa kejadian gempa bumi pernah terjadi di MBD, yakni di dalam tahun 1917, 1793, 1814, 1815, 1836, 1852, 1857 dan 1975, ” urai Raditya.

Dari rentetan kejadian itu, secara statistik gempa terjadi utama kali dalam kurun periode 37 tahun. Namun demikian setelah 42 tahun belum lagi terjadi petunjuk alam tersebut.

Baca Juga:

“Kondisi ini memerosokkan perlunya perhatian dan kewaspadaan seluruh pihak, khususnya pemerintah dan kelompok, ” pungkas Raditya. (cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?